Korosi atau
pengaratan diperkirakan membebani biaya dunia US$2.2 trilyun tiap tahun! Jadi
mengetahui tentang apakah korosi itu dan bagaimana kita menghentikan atau
memperlambatnya adalah urusan sangat penting untuk para ilmuwan dan insinyur.
Korosi
adalah oksidasi logam pada udara dan air untuk membentuk lapisan oksida
pada permukaan logam. Korosi terjadi pada sebagian besar logam, namun
mempengaruhi logam yang berbeda dengan cara-cara berbeda:
Logam lamban
yang tak reaktif, platina dan emas, tidak berkorosi. Sementara sebagian besar
logam reaktif seperti natrium dan potasium (kalium) berkorosi dengan begitu
cepatnya mereka dapat terbakar menjadi api jika dibasahi. Logam industri yang
penting; besi, seng dan aluminium masing-masing berkorosi dengan cara berbeda
dan oleh karena itu korosinya ditangani dengan cara berbeda-beda.
Korosi pada
Besi atau baja (campuran besi) membentuk sebagian besar biaya korosi. Korosi
biasanya membutuhkan tiga komponen untuk bisa muncul; oksigen (dari udara), air
dan garam. Korosi atau karat pada besi adalah suatu proses elektrokimia
melibatkan serangkaian reaksi-reaksi Redoks:
Oksidasi:
Fe(s) > Fe2+(aq) +
2e- x 2
Reduksi:
O2(g) + 2H2O(l) +
4e- > 4 OH-(aq)
Keseluruhannya:
2 Fe(s) + O2(g) + 2 H2O(l)
2 Fe2+(aq) + 4 OH-(aq)
> 2 Fe(OH)2(s) atau karat.
Fe(OH)2(s) tidak
stabil dan selanjutnya dengan cepat teroksidasi dalam air menjadi Fe(OH)3(s),
serpihan coklat karat akan Anda lihat pada baja dalam kondisi basah. Masalah
pada besi adalah bahwa karat ini berpori-pori dan selanjutnya memungkinkan
oksigen dan air untuk bisa melewati permukaan dan korosi dengan mudah tetap
terjadi hingga seluruh besi terkorosi semuanya.
Pada
aluminium proses korosi setara terjadi di udara:
Oksidasi:
Al(s) > Al3+(aq)
+ 3e- x 4
Reduksi:
O2(g) + 4e- > 2 O2-(aq)
x 3
Keseluruhannya:
4 Al(s) + 3 O2(g) > 4 Al3+(aq)
+ 6 O2-(aq) > 2 Al2O3(s)
Kerak putih
yang dapat terlihat pada alumium yang terkena.
Seng juga
berkorosi layaknya aluminium membentuk ZnO(s). Al2O3(s) dan
ZnO(s) berbeda dari Fe(OH)3(s), dalam hal itu mereka membentuk
lapisan keras kedap yang tidak membiarkan air dan oksigen lebih jauh menembus
logam, dengan demikian menghentikan lebih banyak korosi. Kedua logam ini dapat
dipergunakan tanpa perlindungan lebih lanjut dan adalah logam industri yang
penting untuk bangunan (Al) dan galvanisasi baja (Zn) untuk
melindungi baja dari korosi.
Perlindungan
Korosi pada Baja
Baja dapat
dilindungi dari korosi dengan tiga cara: proteksi permukaan, pencampuran dan
proteksi elektrokimia.
Proteksi
permukaan bekerja dengan secara fisik menutupi baja dengan suatu lapisan kedap
untuk menghentikan udara dan air sampai ke permukaan baja. plastik, cat, gemuk,
oli dan menutupi dengan logam lain seperti krom semuanya bentuk proteksi pasif
untuk korosi. Masalah dengan proteksi pasif adalah jika lapisan rusak, udara
dan air sampai ke permukaan baja dan korosi dengan cepat terjadi.
Jenis lain
proteksi permukaan adalah dengan mengorbankan pelapis; dengan mencelupkan obyek
baja ke dalam seng leleh, suatu lapisan protektif dari bentuk seng pada baja
yang melindungi baja dari korosi dengan beroksidasi sendiri menjadi bentuk
ZnO(s). ZnO(s) kemudian secara aktif melindungi baja dari korosi jika permukaan
sedikit rusak.
Pencampuran,
pencampuran besi dengan logam lain misalnya Cr, Mn, Mo dan Ni, membentuk
sederet baja campuran yang disebut Stainless Steel (baja tahan karat).
Stainless Steel dimanfaatkan dimanapun korosi harus dihentikan dan permukaan
licin mengkilap diperlukan, seperti pada bak cuci dapur dll..
Proteksi
Elektrokimia dipergunakan tatkala struktur baja yang besar perlu di proteksi
dalam lingkungan sangat korosif. Dua jenis proteksi elektrokimia yang
digunakan; Pengorbanan Anoda dan Proteksi Katodik. Pengorbanan Anoda adalah
sebongkah logam reaktif Mg atau Zn diikatkan pada struktur baja yang dimakan
karat karena rasa suka pada besi dalam baja. Proteksi katodik bekerja secara
elektris menghubungkan potongan baja yang tak diinginkan ke struktur baja
dengan sumber tenaga DC yang menggerakkan korosi ke potongan baja dan menjauhi
struktur ke potongan besi tua, dengan demikian mengorbankan baja yang tak
diinginkan terkorosi.
No comments:
Post a Comment